Kamis, 22 Desember 2011

Perawatan Total dan Tune Up Komputer (under Windows) dengan Freeware Pilihan




Sering kali banyak pengguna Notebook di kantor saya mengeluhkan kenapa notebooknya semakin lambat, tidak seperti saat pertama kali membelinya atau masih baru. Padahal spesifikasinya tergolong notebook yang bagus. Ya memang bagi yang sudah advanced pasti tahu bagaimana mengatasinya,sehingga tidak perlu membaca artikel ini. Namun bagi pengguna yang tidak tahu kenapa hal itu bisa terjadi, mungkin artikel ini berguna bagi anda.
Komputer itu ibarat mobil atau sepeda motor. Kalo komputer terus-menerus dipakai, tapi tidak pernah di rawat, maka bakal lemot atau nyendat-nyendat. Kalo di komputer, hal tersebut bisa dikarenakan:
§  Kemasukan banyak Virus dan Spyware. Tentu saja semua virus dan spyware membuat kinerja komputer semakin berat. Jika system kita terinfeksi keduanya. Dapat dipastikan kinerja komputer kita melambat
§  Terlalu banyaknya sisa registry dan sisa trialware yang menimbun di system karena terlalu sering melakukan instalasi dan uninstall
§  Terlalu banyaknya file yang menumpuk yang diakibatkan penambahan temporary file, junk file atau restore point yang tercipta tanpa sepengetahuan kita
§  Sebab selanjutnya adalah karena banyaknya fragment file karena penyimpanan di harddisk yang tidak berurutan, sehingga pembacaan file menjadi lambat
§  Terlalu banyaknya start up program yang bekerja. Hal ini kebanyakan program selalu meminta untuk selalu running ketika PC dinyalakan (terkadang langsung terlihat di system tray taskbar). Padahal kita kadang-kadang tidak memerlukannya
§  Terlalu cantiknya tampilan desktop kita (walau padahal saya pernah posting yang bikin XP jadi indah seperti seven)…tapi jangan terlalu disalahkan (sedikit membela diri)
Setelah mengacu pada penyebab merosotnya performa Windows kita, maka cara yang ditempuh adalah:
1. Mengatasi Virus dan Spyware
Untuk mengatasi masalah virus dengan antivirus free, gunakan saja Avira Antivir Personal. Masalah pendeteksian dan penanggulangan virus dan malware sangat baik.
Jika Anda mencari perlindungan terbaik terhadap virus, spyware dan ancaman rootkit. AntiVir sangat ringan pada sumber daya dan didukung dengan tingkat deteksi  lebih baik dari hampir semua antivirus lain sesuai dengan tes. AntiVir versi gratis memang tidak mempunyai fitur web atau e-mail . Ini hanya tersedia dalam versi dibayar. Kurangnya scanner  Web atau E-mail tidak benar-benar merugikan. Hal ini hanya berarti bahwa AntiVir tidak akan memperingatkan Anda tentang email yang terinfeksi sebelum Anda membukanya. Tapi harus Anda membuka email yang terinfeksi, AntiVir baru akan beraksi, sehingga tidak berarti bahwa Anda tidak terlindungi dari infeksi email atau file yang anda download.
Avira Antivir Personal dapat diunduh disini
2. Mengatasi Masalah Registry, temporary file, junk file
Untuk mengatasi banyaknya sisa registry dan sisa trialware yang menimbun di system karena terlalu sering melakukan instalasi dan uninstall gunakan Wise Registry Cleaner. Freeware Sangat efektif untuk membersih registry yang tersisa, semua data registry yang  tertinggal terdeteksi dengan baik, namun kelebihannya adalah Wise Registry Cleaner menggolongkan mana registry yang aman untuk dibersihkan, dan mana yang beresiko. Di samping itu backup registry dan proses pembatalan sangat baik berfungsi.
Sedangkan untuk membersihkan file temporary dan tidak berguna,  recycle bin dan uninstallasi. Untuk pilihan yang lebih lanjut dapat juga untuk membersihkan cookies, history dan dan prefecth data walau ini tidak direkomendasikan untuk pengguna awam, Ccleaner ada freeware yang paling popular.
Untuk membersihkan trialware, anda dapat menggunakan PCdecrapifier. Dengan freware ini. Trialware yang banyak menanamkan registry, misalnya untuk mengenali batas waktu trial  (mencegah instalasi berulang) akan dibersihkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar